TIPS KEMBALI BUGAR SETELAH LEBARAN

BANNER-IG---TIPS-KEMBALI-BUGAR-SETELAH-BERPUASA

Tubuh yang masih beradaptasi selama satu bulan berpuasa disertai aktivitas yang padat dan pola makan yang tidak baik pada hari raya Idul fitri memang rentan membuat daya tahan tubuh menurun. Kita harus pandai dalam menjaga kesehatan, karena bila tidak kita bisa jatuh sakit. Sedangkan kegiatan dan pekerjaan lain sudah menunggu Anda.

Berikut beberapa hal yang perlu kita lakukan agar tetap sehat setelah lebaran :

1. Menjaga Pola Makan
Saat lebaran biasanya tersedia banyak makanan yang lezat. Nah Anda tetap harus mengontrol keinginan untuk makan dan ngemil, agar kolesterol dan tekanan darah tetap stabil. Kurangi juga makanan dan minuman yang mengandung gula yang cukup tinggi, seperti, kue, sirup dan soda. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran.

2. Olahraga Teratur
Jarang gerak dan berolahraga akan membuat tubuh mudah pegal-pegal dan rentan terserang penyakit. Maka itu, tetap lakukan olahraga agar badan tetap segar, bugar, serta tidak mudah capek. Olahraga tak perlu yang berat-berat, contoh seperti joging di pagi hari selama 15 menit juga sudah cukup, atau bila usia >60 tahun jalan santai selama 15 menit sudah cukup.

3. Istirahat Cukup
Pastikan tidur tidak kurang dari enam jam setiap malam. Berikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat agar dapat kembali segar keesokan harinya.

4. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Agar tetap fit selama liburan, perbanyaklah minum air putih kurang lebih 2 liter per hari. Air putih juga dapat membantu detoksifikasi (menetralkan) racun yang ada didalam tubuh serta meningkatkan konsentrasi, lho!

Selamat beraktifitas kembali sahabat #RSLiraMedika, Salam Sehat!

#tipskesehatan #rsliramedikakarawang #rsliramedika #karawang