Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Mata-Sehat

Kenyataannya kita sering lupa untuk melakukan perawatan mata, padahal seperti halnya bagian tubuh yang lain, mata mungkin saja terkena gangguan atau masalah kesehatan. Gangguan-ganguan tersebut bisa disebabkan oleh udara tidak bersih atau terpolusi, radiasi sinar matahari, radiasi akibat terlalu lama di depan komputer, dan gangguan-gangguan lainnya, 45 juta orang buta dan 269 juta orang memiliki penglihatan yang rendah, 145 juta orang memiliki penglihatan rendah disebabkan kegagalan refraksi tidak dapat dikoreksi (penglihatan dekat, penglihatan jauh atau astigmatisme). Pada sebagian besar kasus, penglihatan normal dapat dipulihkan dengan kacamata. Perempuan secara signifikan lebih besar menghadapi risiko kehilangan penglihatan daripada laki-laki, dua pertiga dari orang-orang buta di seluruh dunia adalah perempuan & anak-anak , 90% dari orang buta tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah, namun 80% dari kebutaan dapat dihindari.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam menjaga kesehatan mata.

Cek kondisi mata secara rutin, Anda perlu tahu bahwa sangat penting melakukan pengecekan kesehatan mata secara rutin. Para dokter merekomendasikan orang-orang untuk mewaspadai masalah kesehatan mata pada anak-anak. Hal ini tentunya akan lebih mudah terlihat ketika sang anak memasuki masa sekolah. Disarankan kepada para orang tua untuk lebih memerhatikan segala bentuk keluhan anak seperti sakit kepala, rasa lelah setelah membaca, mata juling, membaca dalam jarak yang tepat, dan lainnya, karena semua keluhan-keluhan itu bisa saja berkaitan dengan masalah kesehatan mata.

Perbanyak melihat ke luar ruangan, Salah satu cara jitu untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menghabiskan lebih banyak waktu di tempat yang terkena pencahayaan alami. Berjalan di luar ruangan atau sekadar melihat-lihat lingkungan sekitar dapat membuat mata untuk lebih fokus pada sesuatu yang jauh, mengistirahatkan mata, serta membuat mata menjadi lebih rileks dengan berhenti melihat sesuatu yang dekat. Selain itu, cahaya alami dapat mengurangi risiko rabun dekat atau mipoi. Di samping itu, anak-anak idealnya menghabiskan setidaknya dua jam per hari di luar ruangan untuk mencegah gangguan kesehatan mata.

Mengurangi durasi menatap layar monitor, Nyatanya saat ini begitu banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di depan perangkat digital, baik untuk bekerja atau sekadar bermain. Hal ini mengakibatkan mata mengalami gangguan digital eye strain, yaitu kondisi yang menyebabkan gangguan fisik sementara setelah dua jam atau lebih berada di depan layar monitor. Kebiasaan terlalu lama menatap layar monitor dapat membuat mata kelelahan, memerah, iritasi dan mata kering, penglihatan tidak jelas, serta sakit pada leher dan kepala. Para ahli merekomendasikan untuk mengambil jeda dan melakukan penyesuaian pada ukuran teks, posisi duduk dan pengaturan komputer. Terlebih pada anak-anak, orang tua harus terus memantau dan mengontrol pemakaian gadget pada anak agar tidak terjadi masalah kesehatan mata.

Alpukat, Alpukat memiliki kandungan lutein paling banyak dari buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A sehingga mampu diserap tubuh dengan baik.Menghindari kebiasaan merokok, Tahukah Anda bahwa menghindari kebiasaan merokok juga baik untuk kesehatan mata. Merokok meningkatkan risiko katarak, degenarasi makular atau hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan macula (bagian tengah retina), dan dapat merusak saraf optik. Tanpa rokok, orang juga terhindar dari risiko diabetes yang juga turut menyumbang gangguan kesehatan pada mata.

Memakan makanan bergizi, Makanan bernutrisi memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mata. Dan tentu saja ada makanan-makanan tertentu yang baik dikonsumsi demi menjaga kesehatan mata. Kelompok ikan tuna, hering, dan sarden dikenal kaya akan omega-3 yang menutrisi membran sel pada sel saraf termasuk retina. Omega-3 juga mencegah gejala awal dari penyakit mata yang berhubungan dengan pertambahan usia.  Selain kelompok ikan, sayur dan buah juga mendukung kesehatan mata khususnya jeruk clementine, jeruk mandarin, wortel, bayam, brokoli. Mereka kaya akan antioksidan, witamin A dan C yang membantu melindungi kornea, mencegah katarak dan mata lelah. Berikut ini beberapa makanan lain yang dapat menjaga kesehatan mata.

  • Wortel – Sudah bukan rahasia lagi bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan beta-karoten. Beta-karoten ini nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk mata. Wortel juga dapat membantu tubuh melepaskan radikal bebas.
  • Tomat – Tomat baik untuk kesehatan kulit, namun juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.
  • Telur – Telur mengandung sumber nutrisi yang baik untuk mata seperti vitamin A, zinc, lutein, B12, vitamin D, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam putih telur merupakan antioksidan terbaik untuk mencegah degenerasi makular dan katarak.
  • Salmon – Ikan yang satu ini mengandung lebih banyak omega-3 dibanding jenis ikan dan makanan laut lainnya. Studi menunjukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 akan terhindar dari gangguan mata kering.