Resiko Terkena Penyakit Menular Seksual, Bagaimana Cara Pencegahannya?

SQUARE - penyakit menular sexual

Perlu Anda pahami, penyakit menular seksual bukan hanya menyerang pekerja seks komersial, tetapi bisa mengenai siapa saja, termasuk Anda jika aktif secara seksual. Pasalnya, semua orang yang sudah aktif secara seksual memiliki risiko terkena penyakit yang satu ini karena penularan terbesarnya melalui kontak seksual.
Secara umum ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Hindari seks sebelum menikah. Untuk meminimalisir angka penularan ada baiknya untuk tidak melakukan kontak seksual sama sekali sebelum Anda menikah. Apalagi sampai berganti-ganti pasangan tanpa mengetahui dengan pasti riwayat seksual pasangan.

Setia pada satu pasangan. Gonta-ganti pasangan seksual sangat berisiko membuat Anda tertular. Terlebih jika tiap pasangan Anda ternyata sudah terinfeksi. Maka dari itu, cobalah untuk tetap setia pada satu pasangan untuk menurunkan risiko penyakit menular seksual.

Vaksin HPV. Sebelum Anda aktif secara seksual, ada baiknya untuk mendapatkan vaksin HPV. Vaksin ini dapat melindungi Anda dari berbagai virus HPV yang bisa menyebabkan kutil kelamin atau bahkan kanker serviks.

Gunakan kondom. Meskipun tidak 100 persen efektif, penggunaan kondom sangat penting. Apalagi jika Anda berhubungan seks dengan orang yang mungkin tidak Anda ketahui riwayat seksualnya seperti apa.

Teliti sebelum melakukan perawatan yang menggunakan jarum. Anda bisa terkena penyakit ini melalui berbagai perantara yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya. Misalnya dari penggunaan jarum suntik berulang, transfusi darah, atau pembuatan tato. Selalu pastikan semua barang yang akan dimasukkan ke dalam tubuh seperti jarum benar-benar steril dan belum pernah dipakai.