Titik Evakuasi Korban Pesawat Lion Air JT 610

news ambulance lion air 1

news ambulance lion air 2

Turut berduka atas kejadian jatuhnya pesawat Lion Air JT610 sekitar perairan laut Karawang. Senin 29 Oktober, Polda Jawa Barat memetakan tiga titik lokasi untuk proses evakuasi jenazah korban pesawat Lion Air JT 610. Titik lokasi itu yakni Pantai Tanjungpakis Karawang, Tanjungpriok dan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Rumah Sakit Lira Medika beserta seluruh rumah sakit lainnya yang ada di Kabupaten Karawang dan sekitarnya mengirimkan ambulance untuk menuju titik evakuasi demi membantu mengevakuasi jenazah yang ditemukan. Jenazah yang utuh atau berupa potongan, akan dibawa ke RS Polri Kramatjati Jakarta untuk diidentifikasi. Guna keperluan itu, diperlukan banyak ambulans untuk membawa mayar ke RS Kramatjati.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokes) Polda Jabar Komisaris Arios Bismark, jenazah korban tidak mungkin bisa langsung dikenali di titik evakuasi. Oleh karena itu, para kerabat korban tidak perlu datang ke titik evakuasi untuk mengenali jenazah keluarganya. Bagi keluarga korban yang ingin menyerahkan data antemortem cukup datang ke Pemda Babel, untuk kemudian dicocokan dengan data Postmoretem di RS Kramatjati. Setelah jenazah dikenali, akan langsung dikirim ke kerabatnya masing-masing.

Data antemortem adalah data-data fisik khas korban sebelum meninggal. Mulai dari pakaian atau aksesoris yang terakhir kali dikenakan, barang bawaan, tanda lahir, tato, bekas luka, cacat tubuh, foto diri, berat dan tinggi badan, serta sampel DNA. Data-data ini biasanya didapatkan dari keluarga, ataupun dari instansi di mana korban pernah berhubungan semasa hidup.

Misalnya pihak keluarga memberikan data fisik korban, menyebutkan umur, warna kulit, ciri fisik seperti sidik jari, tanda lahir atau susunan gigi berdasarkan data dari dokter gigi jika yang bersangkutan pernah melakukan pemeriksaan gigi.

Sedangkan data postmortem adalah data-data fisik yang diperoleh melalui personal identification setelah korban meninggal, seperti sidik jari, golongan darah, konstruksi gigi dan foto diri korban pada saat ditemukan lengkap dengan barang-barang yang melekat di tubuh, bahkan termasuk isi kantong pakaiannya.

Untaian doa tanpa putus kita panjatkan untuk segenap kru dan penumpang pesawat #LionAir #JT610 dan semoga kekuatan serta keikhlasan dilimpahkan bagi keluarga.

1533968439

news ambulance lion air 3 news ambulance lion air 4