Keluhan Umum Penyakit Jantung Koroner

ougvVcI6s4

Gaya hidup yang kurang baik berdampak pada meningkatnya jumlah pasien penyakit tidak menular, misalnya saja gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Untuk itu Jangan pernah remehkan gangguan pada jantung Anda, Karena sesuai dengan data WHO (World Health Organization) setiap tahunnya ada sekitar 1.500,000 orang di dunia yang meninggal akibat penyakit jantung terutama karena serangan Jantung atau sering disebut penyakit jantung koroner (PJK).

Menurut dr. Hervin Ramadhani Wibawa, SpJP, FIHA dokter spesialis jantung di Rumah Sakit Lira Medika Karawang, banyak para penderita penyakit jantung koroner yang mengabaikan gejala-gejala penyakit ini. Hal ini bisa dimaklumi mengingat tidak banyak orang yang tahu seperti apa ciri-ciri dan gejala serangan jantung. Namun tentu saja tidak boleh dibiarkan, lakukan medical check up secara rutin mengenai kondisi jantung Anda melalui EKG, echocardiografi ataupun dengan treadmill terutama bagi Anda yang sudah berusia 40 tahun ke atas, dan bagi Anda yang sering merasa lelah, sering berkeringat, sering nyeri didada, denyut jantung tidak teratur dan sesak nafas.

Kateterisasi Jantung di Karawang oleh Dokter Spesialis Jantung
Jika dari hasil pemeriksaan EKG, echocardiografi ataupun dengan treadmill dicurigai adanya penyempitan atau penyumbatan arteri koroner, maka perlu dilakukan tindakan kateterisasi jantung, yang berfungsi untuk mendeteksi adanya penyempitan / penyumbatan arteri koroner tersebut, selain itu pemeriksaan kateterisasi jantung diperlukan bagi seseorang yang mengalami serangan jantung mendadak dengan gejala kurang dari 12 jam atau bagi seseorang yang akan melakukan operasi bedah jantung terbuka, kata dr. Hervin Ramadhani Wibawa, SpJP, FIHA Spesialis Jantung yang praktek di Rumah sakit Lira Medika Karawang setiap hari Senin sampai dengan Jumat pkl. 13.00 sd 18.00 WIB.

Menurut dr. Hervin Ramadhani Wibawa, SpJP, FIHA, dokter Spesialis Jantung Rumah Sakit Lira Medika Karawang, dengan tindakan kateterisasi jantung atau cath lab yang sudah dapat dilakukan di Rumah Sakit Lira Medika Karawang, dokter spesialis jantung dapat mengetahui kondisi jantung pasien secara tepat, dan menentukan secara akurat tindakan atau terapi lanjutan yang harus dilakukan, seperti :
1. Mendeteksi lokasi terjadinya sumbatan atau penyempitan pembuluh darah koroner jantung.
2. Melebarkan pembuluh darah arteri koroner yang menyempit dengan balon dan stent.
3. Merenggangkan / melebarkan katub jantung, atau melepaskan perlekatan pada katub jantung
4. Mengetahui kondisi pembuluh darah arteri ginjal dan pembuluh darah yang lain, seperti pembuluh darah arteri perifer.
5. Pemasangan alat pacu jantung yang dipasang secara permanen atau sementara dengan tujuan untuk membantu pasien yang mengalami gangguan irama jantung
6. Menutup dinding / bilik jantung yang bocor pada kelainan jantung bawaan.