6 Cara mudah nan alami untuk turunkan kolesterol

6-cara-mudah-nan-alami-untuk-turunkan-kolesterol

Kolesterol sebenarnya merupakan zat yang diproduksi oleh hati dan berbentuk seperti lilin. Dalam jumlah yang normal, kolesterol memiliki fungsi agar seluruh anggota tubuh berfungsi dengan normal. Namun jika terlalu berlebih, maka mampu membahayakan kesehatan tubuh terutama aliran darah Anda. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah cara paling sederhana dan alami untuk menurunkan kolesterol.

Batasi konsumsi daging merah
Daging merah memang baik untuk menambah sel darah merah. Namun sebaiknya kurangi konsumsinya ketika Anda sudah mengidap kolesterol tinggi. Sebab daging merah sangat tinggi akan kolesterol, lemak, dan kalori. Selain itu perhatikan pula cara pengolahannya. Hindari membakar atau menggoreng daging dengan banyak lemak.

Masak dengan minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) tanpa mempengaruhi kolesterol HDL (kolesterol baik) Anda. Disarankan Anda mengonsumsi dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari.

Perbanyak konsumsi omega 3
Asam lemak omega 3 meningkatkan kolesterol HDL. Ikan, biji rami, kacang-kacangan dan almond adalah beberapa sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi.

Tetap aktif
Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan dan dapat mengurangi risiko Anda untuk terkena penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes. Aktifitas fisik juga mampu mengurangi stres yang menjadi faktor utama munculnya penyakit jantung. Setidaknya Anda harus beraktifitas selama 30 menit setiap hari.

Konsumsi bawang putih
Mengonsumsi bawang putih menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi.

Minum teh hitam
Teh hitam merupakan jenis teh herbal yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda disarankan untuk minum satu cangkir teh hitam setiap hari.